Selasa, 24 Maret 2015


PROGRAM STUDI D3 DI STMIK AKAKOM YOGYAKARTA


GRATIS NETBOOK LENOVO
BAGI MAHASISWA BARU TH 2015/2016 UNTUK PROGRAM D3


D3 MANAGEMEN INFORMATIKA

1.1.   Pendahuluan
Dalam situasi perekonomian saat ini, pemerintah Indonesia memerlukan upaya-upaya baru untuk mengembalikan kehidupan perekonomian yang lebih baik. Salah satu bentuk upaya yang sedang dilakukan adalah sedikit menggeser prioritas perekonomian nasional dari bentuk resource-base economy ke bentuk knowledge-base economy. Dengan pola pergeseran ini, peran IPTEK menjadi sangat penting untuk mendukung visi Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) tahun 2005-2025 yaitu “Indonesia Yang Maju, Mandiri, dan Adil”. Sejalan dengan hal tersebut, banyak organisasi yang telah berkembang ke bentuk dynamic network. Dalam dynamic network organization, peranan TI menjadi sangat penting.

Jurusan/program studi Manajemen Informatika dengan jenjang D3 diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk mewujudkan kebutuhan tenaga-tenaga siap pakai pada semua bidang TI. Dalam mewujudkan harapan tersebut maka jurusan/program studi Manajemen Informatika membuat kurikulum yang berbasis kompetensi.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 232 Tahun 2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, jurusan/program studi Manajemen Informatika jenjang D3 (MI-D3), pada tahun akademik 2004/2005 mengikuti pola yang dianjurkan oleh  SK Mendiknas tersebut. Setelah melalui proses yang cukup panjang, kurikulum berbasis kompetensi program studi MI diberlakukan bagi semua mahasiswa MI yang belum menyelesaikan studinya hingga tahun akademik 2003/2004. Selain hasil kurikulum yang dituangkan dalam bentuk distribusi semesteran, pengembangan isi dan materi silabi juga diberlakukan.

1.2.   Kompetensi
1.2.1.  Kompetensi Umum

a.       Mampu mengimplementasikan teknologi informasi       
            secara kreatif dan inovatif di masyarakat
b.      Mampu mengembangkan diri untuk peningkatan    
            wawasan dan keahlian
c.       Mampu beradapasi dan bekerjasama dalam team work
d.      Mampu  berkomunikasi aktif dalam bahasa internasional
e.       Mampu menjunjung tinggi etika dan profesionalisme

1.2.2.  Kompetensi Khusus
a.       Trampil mengimplemetasikan  rancangan sistem informasi bisnis berbasis desktop dan web
b.      Mampu membangun animasi multimedia
c.       Menguasai tools multimedia dan web

1.2.3.  Gradasi Kompetensi
a.       Tahun ke-1 “Memahami dasar-dasar sistem informasi dan mampu melakukan operasi basis data”
b.      Tahun ke-2 “Mampu  membangun aplikasi basis data  berbasis desktop dan web ”
c.       Tahun ke-3 “Mampu membangun aplikasi berbasis web dinamis”

1.2.4.  Usaha yang dilakukan
a.       Peningkatan kualitas dosen secara terus menerus
b.      Memberikan materi workshop lebih dinamis
c.       Evaluasi kurikulum dilakukan secara periodik
d.      TOEFL menjadi syarat kelulusan
e.       Memfasilitasi kegiatan kelompok mahasiswa jurusan
f.       Memfasilitasi kegiatan kelompok dosen
g.      Proses belajar mengajar ditingkatkan secara terus menerus

1.3.   Syarat Kelulusan
Untuk menyelesaikan pendidikan diploma pada program studi MI-D3, mahasiswa diwajibkan telah menyelesaikan sekurang-kurangnya 110 sks mata kuliah yang meliputi mata kuliah wajib sebanyak 80  sks  dan sisanya adalah mata kuliah pilihan.

  1. 1. Mata Kuliah Wajib.
Mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa yang terdiri atas wajib nasional, wajib STMIK AKAKOM dan wajib program studi. Persyaratan mata kuliah wajib sebesar 80 sks ini dapat dipenuhi dengan mengambil semua mata kuliah wajib (status W pada kurikulum). Semua mata kuliah wajib dan praktikum nilai minimum adalah C (nilai D berarti tidak lulus).

  1. 2. Mata Kuliah Pilihan.
Pada dasarnya mahasiswa bebas memilih mata kuliah pilihan yang tersedia. Namun demikian, agar mahasiswa memiliki suatu kesatuan kemampuan yang memadai, maka dalam memilih mata kuliah ini mahasiswa berkonsultasi dan memperhatikan saran-saran dosen pembimbing akademik. Jika mahasiswa ingin mengambil mata kuliah di luar tabel mata kuliah pilihan maka yang bersangkutan harus memberi tahu dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik. Karena suatu alasan, mata kuliah pilihan dapat berubah distribusi semesternya dari semester ganjil ke semester genap atau sebaliknya.

  1. 3. Tugas Akhir .
Tugas akhir mahasiswa dapat berupa penugasan atau kerja praktek dengan bobot 4 sks, dan harus diambil oleh setiap mahasiswa.

a. Tujuan
    1. Melatih mahasiswa untuk dapat berfikir secara logis dan sistematis
    2. Melatih kemandirian sekaligus team work dalam menyelesaikan permasalahan
    3. Melatih kemampuan dalam penggunaan produk-produk / tools dalam bidang Teknologi Informasi
    4. Melatih kemampuan untuk menulis karya ilmiah
    5. Mempersiapkan mahasiswa untuk hidup  bermasyarakat, memasuki dunia kerja, atau melanjutkan studi.

b. Syarat pengambilan tugas akhir
Mahasiswa yang akan mengambil tugas akhir disyaratkan sebagai berikut :
  1. Telah menempuh minimal 90 sks dengan IPK ≥ 2.00 yang terbaik
  2. Mencantumkan tugas akhir di KRS dan mendaftarkan ke bagian Administrasi Akademik.

c. Pelaksanaan Tugas Akhir
Pada dasarnya, pelaksanaan tugas akhir mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing tugas akhir yang sesuai dengan topik yang diambil tugas akhirnya. Mahasiswa memilih sendiri dosen pembimbing tugas akhirnya, saat mendaftarkan diri di bagian Administrasi Akademik.

Tugas akhir  di program studi Manajemen Informatika memiliki 2 pola
1)      Mandiri
2)      Tugas Akhir mandiri adalah pelaksanaan tugas akhir yang dilakukan secara konvensional yang selama ini sudah dilakukan yakni mahasiswa mengerjakan tugas akhir tersebut secara mandiri dibawah arahan seorang pembimbing.

Syarat Tugas akhir pola ini adalah
1)      IPK minimal 2,75, atau
2)      Mendapat rekomendasi dari seorang dosen, bahwa mahasiswa yang bersangkutan diprediksi mampu melaksanakan tugas akhir secara mendiri  (untuk   IPK<2 span="">

1.      Laboratory
Pelaksanaan tugas akhir pola ini, mahasiswa di kelompokkan dalam 1 kelas, dan penyusunan tugas akhir pelaksanaannya terjadwal  dengan pembimbing adalah tim.
Syarat Tugas akhir pola ini adalah
a.       IPK <2 atau="" span="">
b.      Mengajukan secara khusus untuk mengikuti pola ini bagi mahasiswa dengan IPK>=2,75

1.4.   Peluang
Lulusan dari jurusan/program studi Manajemen Informatika masih banyak dibutuhkan oleh stakeholder, hal ini dapat dilihat dari banyaknya permintaan lulusan D3 yang ditempatkan pada bagian programmer, teknisi dan software maintenance.  Masih banyaknya peluang lulusan D3 Manajemen Informatika untuk tenaga di bidang TI, memberikan kesempatan yang sangat terbuka agar jurusan dapat mengembangkan diri menjadi lebih adaptif terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja bidang TI.
Kemampuan yang lebih dari setiap lulusan akan memberikan daya saing yang baik untuk peluang di dunia kerja.



D3 TEKNIK KOMPUTER
1.1.   Pendahuluan
 Dilandasi kesadaran potensi pesatnya kemajuan teknologi elektronika, program studi Teknik Komputer jenjang D3 merupakan bagian Jurusan Teknik Komputer yang mengemban amanat melatih dan menghasilkan ahli madya yang berkecimpung dalam lingkup teknik elektronika, microprocessor, instrumentasi kendali, dan telekomunikasi. Peran ahli madya bidang ini antara lain untuk menjembatani level perancang dan pengguna teknologi, melakukan supervisi proses produksi, melakukan instalasi-instalasi systems dan networking untuk berbagai keperluan mulai dari perkantoran, housing, hotels, medis, sarana navigasi, hingga entertainment support.

Mahasiswa program ini disarankan menyelesaikan beban akademik 110 sks dan latihan kerja dalam rentang 6 semester. Frame akademik dalam program ini sarat kegiatan praktek dengan peranti hi-tech measurement dan device programming, sehingga mahasiswa dituntut tekun dan berlatih mengembangkan logika. Alur matakuliah dan praktik yang ada mengindikasikan kepada konsentrasi Instrumentasi, Future Control, dan Jaringan Computer. Pada akhir masa studi, mahasiswa dilatih menyelesaikan laporan tugas akhir, yang menunjukkan penguasaan penyelesaian pekerjaan tertentu dalam lingkup yang disebut di muka. Mahasiswa yang mampu dapat melanjutkan studi pada jenjang selanjutnya (D4/S1), bidang yang sesuai umumnya adalah dengan lingkup keteknikan dan systems.

1.2.   Kompetensi Lulusan

1.2.1.  Kompetensi Umum
a.       Mampu mengimplementasikan TI secara kreatif dan inovatif di masyarakat
b.      Mampu mengembangkan diri untuk peningkatan wawasan dan keahlian
c.       Mampu beradaptasi dan bekerjasama dalam team work
d.      Mampu  berkomunikasi aktif dalam bahasa internasional
e.       Mampu menjunjung tinggi etika dan profesionalisme

1.2.2.  Kompetensi Khusus
a.       Membangun dan merawat infrastruktur network
b.      Mampu membangun komputer embedded (piranti-piranti yg tersambung dengan sistem komputer)
c.       Menguasasi tool simulasi elektronik dan network

1.2.3.  Gradasi Kompetensi
1)      Tahun 1:
a)  mampu menginstalasi komputer dan sistem operasi stand alone,
b) mampu mengelola peranti-piranti  elektronik.

2)      Tahun ke 2:
a)      menyusun program komputer sederhana,
b)      melakukan pemeliharaan komputer dan troubleshooting.

3)      Tahun ke 3 :
a)      menyelesaikan persoalan bisnis berbasis computer embedded,
b)      menyelesaikan persoalan bisnis berbasis jaringan komputer enterprise.


1.3.   Syarat Kelulusan

Untuk menyelesaikan pendidikan diploma 3 pada program studi Teknik Komputer, mahasiswa diwajibkan untuk mengumpulkan sekurang-kurangnya 110 sks mata kuliah yang meliputi mata kuliah wajib sebanyak 80 sks, dan lainnya merupakan mata kuliah pilihan.
  1. Mata Kuliah Wajib.   Mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh semua mahasiswa. Mata kuliah wajib program studi terdiri atas 80 sks. Persyaratan mata kuliah wajib sebesar 80 sks ini dapat dipenuhi dengan mengambil semua mata kuliah wajib. Semua mata kuliah wajib dan praktikum nilai minimum adalah C (nilai D berarti tidak lulus).
  2. Mata Kuliah Pilihan . Mata kuliah pilihan dimaksudkan untuk memberi arah dalam penyelesaian tugas akhir. Terdapat dua mata kuliah pilihan, yaitu mata kuliah Pilihan I dan Pilihan II. Mata kuliah pilihan I berbobot 2 sks adalah mata kuliah lintas jurusan, atau mata kuliah pilihan yang ditawarkan  secara bergantian dari semester ke semester. Mata kuliah Pilihan II terdiri atas 4 sks teori dan 2 sks praktikum, mata kuliah pilihan II menunjukkan arah pendalaman pada bidang jaringan komputer atau mikrokontroler.
  3. Tugas Akhir. Tugas akhir mempunyai bobot 4 sks, dapat berupa pembuatan suatu sistem yang berbasis mikrokontroler atau mikrokomputer, atau rekayasa perangkat keras dan perangkat lunak yang bertujuan meningkatkan kemampuan sistem berbasis mikrokontroler atau mikrokomputer yang berdiri sendiri atau dalam bentuk jaringan.

Tujuan pembuatan tugas akhir
Melatih mahasiswa agar dapat merealisasikan suatu sistem berbasis mikrokontroler
atau mikrokomputer, yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak.

Syarat pengambilan tugas akhir
·         Telah menempuh minimal 90 sks dengan IPK ≥ 2.00 yang terbaik
·         Telah menempuh mata kuliah penunjang topik tugas akhir
·         Mencantumkan tugas akhir dalam KRS dan mendaftarkan pemilihan pembimbing tugas akhir ke bagian Administrasi Akademik.

1.4.   Pelaksanaan Tugas Akhir

Pelaksanaan tugas akhir dibawah bimbingan dosen pembimbing tugas akhir yang sesuai dengan bidang permasalahan yang diambil. Mahasiswa dapat memilih tugas akhir berupa rekayasa perangkat keras, kerja praktek, rekayasa piranti praktikum , dan jenis-jenis lain yang direkomendasikan  oleh program studi.

 
D3 KOMPUTERISASI AKUNTANSI

12.1. Pendahuluan
Program studi Komputerisasi Akuntansi merupakan program studi yang berusia relatif muda dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan tenaga kerja pada industri yang menginginkan adanya tenaga kerja yang mempunyai skill di bidang komputer serta memahami akuntansi sebagai bahasa bisnis.
Saat ini, tenaga kerja yang memenuhi persyaratan skill di bidang tersebut masih terasa sangat kurang dan tenaga kerja dengan skill akuntansi dan komputer akan selalu diperlukan selama masih terdapat perusahaan-perusahaan dan organisasi-organisasi lain yang memerlukan akuntansi berkomputer dalam operasinya.

Perkembangan industri saat ini telah memicu perkembangan ke enterprise information system, yaitu sistem informasi yang akan diterapkan pada ruang lingkup yang besar dari perusahaan. Besar disini meliputi jangkauan transaksi serta area yang luas meliputi seluruh dunia. Hal tersebut dimungkinkan karena perkembangan teknologi Intranet, Internet, serta Extranet yang sangat pesat. EIS mempunyai inti pada dua bidang, yaitu serta pengetahuan bisnis. Hal tersebut merupakan inti dari program studi Komputerisasi Akuntansi.

Dalam program studi ini, mahasiswa dididik untuk mempunyai pola pikir sebagai pengembang sistem informasi akuntansi. Dengan pola pikir tersebut, mahasiswa akan diuntungkan karena selain mampu mengembangkan sistem informasi akuntansi sendiri, mahasiswa juga mengetahui bagaimana seharusnya suatu software akuntansi bekerja. Dengan demikian, lulusan dari program studi Komputerisasi Akuntansi tidak akan mengalami kesulitan menggunakan berbagai software akuntansi.

Dalam kaitan sebagai pengembang sistem informasi akuntansi, mahasiswa akan dididik secara konsisten untuk menggunakan piranti dan metodologi yang berbasis Object-Oriented karena metodologi serta piranti tersebut yang banyak digunakan oleh industri pada saat ini dan masa yang akan datang. Metodologi seperti RUP, Extreme Programming, serta metodologi-metodologi Agile lainnya seharusnya dipahami dengan baik oleh mahasiswa karena merupakan materi yang diajarkan di Komputerisasi Akuntansi. Demikian juga dengan piranti pemodelan berbasis UML merupakan kompetensi dari mahasiswa Komputerisasi Akuntansi. Seiring dengan makin meningkatkan penggunaan software open source di masa kini dan masa yang akan datang (komitmen dari Oracle, IBM, serta HP menunjukkan hal tersebut), program studi Komputerisasi Akuntansi mendeklarasikan diri sebagai program studi yang memfokuskan diri pada peranti berbasis open source mulai dari awal kuliah sampai mahasiswa lulus.

Sementara itu, dalam kaitannya dengan sistem informasi akuntansi, mahasiswa akan mendapatkan materi yang memadai dalam hal akuntansi serta sistem akuntansi. Akuntansi manual mulai dari akuntansi pengantar, akuntansi keuangan menengah dan lanjut, akuntansi kos dan akuntansi manajemen akan memberi bekal yang memadai bagi lulusan Komputerisasi Akuntansi. Berbagai materi pendukung lainnya untuk kepentingan pengembangan diri (seperti etika bisnis dan profesi, aspek legal, dan lain-lain) dan pengkayaan wawasan bisnis juga diharapkan akan memperkuat lulusan dari Komputerisasi Akuntansi.

12.2. Sekilas Program Studi

Komputerisasi Akuntansi

Program studi Komputerisasi Akuntansi di STMIK AKAKOM didirikan pada tahun 1999. Pada saat berdiri, program studi Komputerisasi Akuntansi memperoleh status Terdaftar berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 39/DIKTI/Kep/1999. Setelah itu program studi Komputerisasi Akuntansi terus menerus berusaha memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas dan_statusnya.
Untuk keperluan tersebut, program studi Komputerisasi Akuntansi mengajukan permintaan untuk akreditasi pada tahun 2006 dan menghasilkan keputusan Terakreditasi dengan nilai B pada tahun 2006 berdasarkan SK BAN Perguruan Tinggi Nomor 017/BAN-PT/Ak-VI/Dip-IIII/XII/2006 tanggal 30 Desember 2006. Peningkatan status tersebut merupakan bukti kemauan dari pihak akademis untuk selalu memberikan peningkatan kualitas pendidikan.

12.3. Kompetensi
12.3.1. Kompetensi Umum

[1] Mampu mengimplementasikan TI secara kreatif dan inovatif di masyarakat
[2] Mampu mengembangkan diri untuk peningkatan wawasan dan keahlian
[3] Mampu beradaptasi dan bekerjasama dalam team work
[4] Mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa internasional
[5] Mampu menjunjung tinggi etika dan profesionalisme

12.3.2. Kompetensi Khusus
[1] Mampu membangun aplikasi akuntansi berbasis web.
[2] Menguasai akuntansi bidang pajak
[3] menguasai tool akuntansi

12.3.3. Gradasi Kompetensi
Tahun ke-1 : "Mampu Menyusun Laporan keuangan Perusahaan Berbasis IT"
Tahun ke-2 :"Mampu menyusun dan Melakukan penghitungan Pajak berbasis IT"
Tahun ke-3:"Mampu Menyusun sistem akuntansi berbasis IT"

12.3.4. Usaha
Untuk mencapai kompetensi tersebut, program studi Komputerisasi Akuntansi melakukan berbagai aktivitas belajar mengajar serta aktivitas-aktivitas lain untuk menambah nilai. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Workshop peranti pengembangan serta aplikasi berbasis open source
2. Kuliah umum berkaitan dengan kompetensi utama tersebut.
3. Kunjungan ke industri
4. Evaluasi kurikulum secara periodik
5. Peningkatan kualitas dosen (pendidikan lanjut maupun mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kompetensi utama jurusan)
6. Memfasilitasi kelompok belajar (Python, Linux. GNUCash, Akuntansi)
7. Meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris, TOEFL menjadi syarat kelulusan
8. Evaluasi kinerja dosen.

12.4. Peluang Karir
Hasil pengamatan dan survey pada berbagai lapangan kerja yang tersedia serta lulusan Komputerisasi Akuntansi yang telah diserap di dunia kerja menunjukkan bahwa lulusan program studi ini mempunyai prospek yang sangat cerah. Beberapa peluang karir dari lulusan ini antara lain:
1. Pengembang sistem informasi, khususnya sistem informasi akuntansi
2. Accounting software maintenance
3. Analis sistem
4. Pengembang web e-commerce
5. Auditor sistem informasi
6. Pekerja dalam sistem akuntansi

12.5. Syarat Kelulusan
Untuk menyelesaikan pendidikan pada program studi Komputerisasi Akuntansi - D3, mahasiswa diwajibkan telah mengumpulkan sekurang-kurangnya 110 sks, dengan mata kuliah wajib sejumlah 80 sks, dan sisanya merupakan mata kuliah pilihan. Persyaratan mata kuliah wajib sebesar 80 sks ini dapat dipenuhi dengan mengambil semua mata kuliah wajib. Semua mata kuliah wajib dan praktikum nilai minimum adalah C (nilai D berarti tidak lulus).

Tugas Akhir .
Tugas akhir mahasiswa, sesuai dengan misi serta visi yang telah ditetapkan di atas, berupa pembuatan software dalam bidang akuntansi. Meskipun pemilihan peranti untuk pembuatan software tersebut bebas, mahasiswa dianjurkan menggunakan peranti berbasis teknologi obyek dan merupakan free software atau open source development tools. Tugas akhir mempunyai bobot 4 SKS dan harus diambil oleh setiap mahasisw

Tujuan
1) Melatih mahasiswa untuk dapat berfikir secara logis dan sistematis
2) Melatih kemandirian sekaligus team work dalam menyelesaikan permasalahan
3) Melatih kemampuan dalam penggunaan produk-produk / tools dalam bidang Teknologi   
    Informasi
4) Mempersiapkan mahasiswa untuk hidup bermasyarakat, melanjutkan studi, atau memasuki
    dunia kerja.

Syarat pengambilan tugas akhir
Mahasiswa yang akan mengambil tugas akhir disyaratkan sebagai berikut :
 1) Telah menempuh sekurang-kurangnya 80 sks dengan IPK ≥ 2.00 terbaik
2) Terdaftar pada semester yang bersangkutan
3) Mencantumkan tugas akhir di KRS dan mendaftarkan ke bagian Administrasi Akademik.

Pelaksanaan Tugas Akhir
Pada dasarnya, pelaksanaan tugas akhir mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing tugas akhir yang sesuai dengan topik yang diambil tugas akhirnya. Mahasiswa memilih sendiri dosen pembimbing tugas akhirnya, saat mendaftarkan diri di bagian Administrasi Akademik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar